apa sih SNMPTN itu?

Sebenarnya apa sih SNMPTN itu?

wah kalo masih ada temen-temen yang belum tahu tentang SNMPTN ini kebangetan banget dehh, tapi gpp, disini gw secara blak-blakan bakal ngejelasin apa itu SNMPTN yang biasa disebut SenamPTN.

Nah,Pada tahun 2011 ini pemerintah sudah menetapkan kebijakan nih bahwasanya ujian mandiri yang diberlakukan oleh setiap PTN dilarang keras untuk dilakukan..Nah lo? Mengapa bapak-bapak pemerintah? Karena menurut pemerintah sendiri, ujian mandiri yang diadakan oleh PTN-PTN tersebut mulai beralih fungsi dari menjaring para mahasiswa menjadi menyiksa para mahasiswa.

Loh kok ? ia lah, bayangin aja, biaya untuk pendaftaran SIMAK UI,UTUL, dan beberapa ujian masuk PTN lainnya sudah mulai memberikan biaya yang tidak bisa dianggap kecil oleh para pelajar di Indonesia ini. Maka dari itu, supaya semua kebagian kesempatan untuk mencicipi bangku PTN, pemerintah tidak ambil pusing untuk memberikan kebijakan berupa ” 60 % kursi yang ada di PTN harus melalui jalur SNMPTN, dan sisanya boleh untuk ujian mandiri atau tambahan SNMPTN”.

Walaah, kalo para pembaca sadar, SNMPTN itu adalah ujian seleksi masuk PTN yang dilakukan serempak pada tanggal yang katanya sih setelah selesai UN 2011 pada akhir April ini. Nah, yang dimaksud serempak adalah semua pelajar dites pada hari itu juga dan hanya memiliki 1 kesempatan untuk memilih PTN yang mereka inginkan. Oke dah, biar lebih jelasnya begini, jika pada ujian mandiri PTN-PTN negeri yang menyelenggarakannya, sekarang PTN-PTN negeri tidak diberi jatah yang cukup untuk itu, akibatnya, pelajar harus memilih 2 diantara PTN yang ada di Indonesia dengan pilihan 3 fakultas pada hari tes SNMPTN itu. Sedangkan pada ujian mandiri, kita dapat memilih banyak PTN dengan banyak jurusan yang berbeda.

Jreng..Jreng.. Disinilah pro dan kontranya, pelajar – pelajar yang masih bimbang atas pilihan fakultasnya, harus dapat menentukan fakultas yang mereka inginkan dan prospek kedepannya itu baik pada jauh hari sebelum tes SNMPTN supaya tidak merasa rugi dengan hal ini.

Menurut gw pribadi si, SNMPTN ini lebih bagus buat kita untuk dapat lebih fokus pada pilihan kita sehingga kita pikiran kita lebih fokus pada tes SNMPTN ini. Kan kalau kebijakan pada tahun lalu masih diberlakukan, bayangkan pilihan-pilihan ujian mandiri yang telah penuh pada jadwal kita, tanggal segini tes SIMAK, minggu depan UM , 5 hari lagi tes di STAN..yaahh, menurut pribadi gw sih gitu..

Menurut kalian sendiri bagaimana dengan kebijakan ini?

nih inpo lebih lanjut mengenai SNMPTN

http://snmptn.ac.id/

About these ads

About kangadit93
gw lahir di jakarta tahunnya ga perlu tahulah,masih muda kok gw..wkwkwk pokoknya.. KEEP MOVIN FORWARD!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: