Mesir Bergejolak, Apa dampaknya pada Indonesia?

Sudah hampir 1 minggu lebih siaran televisi swasta di Indonesia banyak menyiarkan berita-berita tentang kerusuhan yang terjadi di Mesir. Sebenarnya apa sih yang sedang terjadi disana? Rakyat Mesir sangat kesal dengan kepemimpinan Husni Mubarak yang tidak mementingkan kepentingan rakyatnya. Segala peraturan perundang – undangan dibuat secara seenaknya oleh Rezim H.Mubarak ini. Peraturan perundang-undangan ini mengakibatkan pemilihan umum dinegara Mesir dapat diutak – atik oleh Rezim ini. Selama hampir lebih dari 3 dekade, rezim Mubarak ini sudah berkuasa.Masalah keadilan sosial, pengangguran, dan kenaikan harga komoditi, merupakan pemicu gelombang unjuk rasa di Mesir.

 

Masyarakat yang Pro terhadap Rezim Mubarak tetap bersikukuh untuk mendukungnya dibertemukan oleh masyarakat yang Anti Mubarak di Tahrir Square. Sudah jelas, bentrokan terjadi, tidak ada militer yang terlihat di TKP. Nampaknya pemerintah Mesir sudah ingin membunuh rakyatnya sendiri dengan kerusuhan-kerusuhan ini. Akibatnya, sudah banyak masyarakat yang dirugikan dari kerusuhan ini, bayangkan saja bahan pangan dan sandang menjadi langka disana. Bidang pendidikan pun ikut menjadi bulan-bulanan para demonstran. Sebuah museum yang terletak tidak jauh dari Tahrir Square terbakar akibat bom molotov yang dilempar demonstran. Museum Nasional Mesir sendiri merupakan museum berkelas dunia. Museum ini menyimpan koleksi artefak yang tidak ternilai harganya dari zaman Firaun dulu. Mayat Ramses III yang merupakan Firaun zaman Nabi Musa juga dipamerkan di Museum ini. Bayangkan jika isi dari museum ini habis terlalap si jago merah, dunia pasti akan merasa kehilangan karenanya.

Di Indonesia sendiri dikabarkan ada seorang WNI yang tewas dalam kejadian tersebut. Imanda Amalia (28 tahun), seorang warga negara Indonesia dan anggota (UNRWA) telah tewas dalam kerusuhan di Mesir.Imanda adalah staf dari badan PBB United Nations Relief and Works Agency (UNRWA). UNRWA adalah badan PBB yang bertugas menangani wilayah konflik di Palestina dan Lebanon. Namun pemerintah RI menyangkal bahwa Imanda bukanlah WNI melainkan Warga Negara Australia yang kedua orang tuanya tinggal di Indonesia.

Sedang dilihat dari segi harga minyak, Mesir merupakan negara yang mengelola Terusan Suez. Yaitu tempat kapal-kapal tanker pembawa minyak bersandar. Tidak dapat dipungkiri, kerusuhan Mesir saat ini mengakibatkan harga minyak melambung tinggi yang pada awalnya dikisaran 80-85$ per barrel, saat ini menjadi 100$ perbarrel. Dapat dilihat, pemerintah akan kocar-kacir jika melihat perkembangan harga seperti ini. APBN yang digunakan dapat dipastikan melampaui kapasitas. Jadi berdoalah para warga negara Indonesia, semoga kerusuhan di Mesir dapat mereda dengan cepat. Gw sendiri sih ogah bayar mahal-mahal buat beli bensin, Lo ndiri juga bakal taukan apa akibatnya dari harga bensin naik? Biaya transportasi yang berkaitan dengan distribusi akan mengakibatkan kenaikan harga di berbagai macam kebutuhan baik pangan, sandang dan papan.

Unsur-unsur intrinstik karya sastra

Coba sebutkan 6 macam unsur intrinstik yang ada dalam cerpen ini berikut dengan penjelasannya!!

Biasanya, soal – soal kaya gini sering banget keluar kalo kita lagi belajar bahasa Indonesia, yoi lah, dan bagi yang belum tau apa itu unsur intrinstik, nih gw kasih tau

Unsur intrinstik adalah unsur yang berada dalam suatu karya sastra yang berhubungan erat dengan jalannya cerita tersebut. Intinya, di dalam karya sastra itu ada apa aja sih..

Unsur intrinstik yang biasa kita kenal adalah

1.  Latar

Latar adalah segala sesuatu yang melingkupi apa yang terdapat dalam cerita, mulai latar tempat, waktu, suasana, dan latar alat.

2.  Alur

Alur adalah suatu rangkain peristiwa yang terjalin secara kausalitas atau sebab akibat dari awal sampai akhir menuju klimaks cerita. Alur terbagi menjadi tiga, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

3.  Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah peran atau pelaku cerita. Tokoh terbagi menjadi dua. Tokoh bulat adalah tokoh yang digambarkan secara utuh oleh pengarang, biasanya dikategorikan sebagai tokoh utama. Tokoh pipih adalah tokoh yang digambarkan dari satu sisi saja, biasanya dikategorikan sebagai tokoh tambahan.

Penokohan adalah karakter atau watak tokoh dalam cerita, ada peran antagonis, protagonis, tertagonis, atapun melankolis.

4.  Sudut Pandang

Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam cerita. Sudut pandang terbagi atas:

1) orang pertama ditandai dengan kata ganti orang pertama yaitu, aku; dan

2) sudut pandang orang ketiga yang ditandai dengan kata ganti orang ketiga, yaitu dia.

5.  Tema

Tema adalah pokok pikiran pengarang yang menjadi dasar keseluruhan dalam cerita.

6.  Amanat

Amanat adalah pesan moral yang terkandung dalam cerita secara keseluruhan.

7.  Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara pengarang mengukapkan sebuah teks sastra, apakah teks tersebut penuh dengan ironi, sarkasame, atau eufimisme.

Nih gw kasih contoh ceritanya beserta dengan unsur intrinstiknyayang dapat lo donlot dibawah ni..

Cerpen gaul

Cara membuat surat lamaran pekerjaan

Cara membuat surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan digunakan untuk mengirimkan surat ke suatu instansi yang sedang menerima lowongan pekerjaan.Intinya sih, untuk melamar pekerjaan ke suatu tempat.

Berikut ini struktur surat lamaran pekerjaan :

1.Tanggal surat

2.Lampiran

3.Perihal

4.Alamat

5.Salam pembuka

6.Isi

7.Salam penutup

8.Nama dan tanda tangan

Bahasa yang digunakan dalam penulisan surat lamaran kerja adalah formal.

Contoh surat lamaran kerja ada dibawah ini dan bisa di donlot.

Surat lamaran pekerjaan

Membuat Teks Pidato

Oke, ni adalah pelajaran bahasa Indonesia yang dari lo SMP ampe mungkin kuliah masih juga ada..

membuat pidato,

berikut ini adalah langkah-langkah membuat teks pidato

1.Pembukaan dengan salam pembuka

2.Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi

3.Isi atau materi pidato secara sitematis

4.Penutup

Lo bisa donlot contoh pidato dibawah ni

Download Pidato

apa sih SNMPTN itu?

Sebenarnya apa sih SNMPTN itu?

wah kalo masih ada temen-temen yang belum tahu tentang SNMPTN ini kebangetan banget dehh, tapi gpp, disini gw secara blak-blakan bakal ngejelasin apa itu SNMPTN yang biasa disebut SenamPTN.

Nah,Pada tahun 2011 ini pemerintah sudah menetapkan kebijakan nih bahwasanya ujian mandiri yang diberlakukan oleh setiap PTN dilarang keras untuk dilakukan..Nah lo? Mengapa bapak-bapak pemerintah? Karena menurut pemerintah sendiri, ujian mandiri yang diadakan oleh PTN-PTN tersebut mulai beralih fungsi dari menjaring para mahasiswa menjadi menyiksa para mahasiswa.

Loh kok ? ia lah, bayangin aja, biaya untuk pendaftaran SIMAK UI,UTUL, dan beberapa ujian masuk PTN lainnya sudah mulai memberikan biaya yang tidak bisa dianggap kecil oleh para pelajar di Indonesia ini. Maka dari itu, supaya semua kebagian kesempatan untuk mencicipi bangku PTN, pemerintah tidak ambil pusing untuk memberikan kebijakan berupa ” 60 % kursi yang ada di PTN harus melalui jalur SNMPTN, dan sisanya boleh untuk ujian mandiri atau tambahan SNMPTN”.

Walaah, kalo para pembaca sadar, SNMPTN itu adalah ujian seleksi masuk PTN yang dilakukan serempak pada tanggal yang katanya sih setelah selesai UN 2011 pada akhir April ini. Nah, yang dimaksud serempak adalah semua pelajar dites pada hari itu juga dan hanya memiliki 1 kesempatan untuk memilih PTN yang mereka inginkan. Oke dah, biar lebih jelasnya begini, jika pada ujian mandiri PTN-PTN negeri yang menyelenggarakannya, sekarang PTN-PTN negeri tidak diberi jatah yang cukup untuk itu, akibatnya, pelajar harus memilih 2 diantara PTN yang ada di Indonesia dengan pilihan 3 fakultas pada hari tes SNMPTN itu. Sedangkan pada ujian mandiri, kita dapat memilih banyak PTN dengan banyak jurusan yang berbeda.

Jreng..Jreng.. Disinilah pro dan kontranya, pelajar – pelajar yang masih bimbang atas pilihan fakultasnya, harus dapat menentukan fakultas yang mereka inginkan dan prospek kedepannya itu baik pada jauh hari sebelum tes SNMPTN supaya tidak merasa rugi dengan hal ini.

Menurut gw pribadi si, SNMPTN ini lebih bagus buat kita untuk dapat lebih fokus pada pilihan kita sehingga kita pikiran kita lebih fokus pada tes SNMPTN ini. Kan kalau kebijakan pada tahun lalu masih diberlakukan, bayangkan pilihan-pilihan ujian mandiri yang telah penuh pada jadwal kita, tanggal segini tes SIMAK, minggu depan UM , 5 hari lagi tes di STAN..yaahh, menurut pribadi gw sih gitu..

Menurut kalian sendiri bagaimana dengan kebijakan ini?

nih inpo lebih lanjut mengenai SNMPTN

http://snmptn.ac.id/