Unsur-unsur intrinstik karya sastra

Coba sebutkan 6 macam unsur intrinstik yang ada dalam cerpen ini berikut dengan penjelasannya!!

Biasanya, soal – soal kaya gini sering banget keluar kalo kita lagi belajar bahasa Indonesia, yoi lah, dan bagi yang belum tau apa itu unsur intrinstik, nih gw kasih tau

Unsur intrinstik adalah unsur yang berada dalam suatu karya sastra yang berhubungan erat dengan jalannya cerita tersebut. Intinya, di dalam karya sastra itu ada apa aja sih..

Unsur intrinstik yang biasa kita kenal adalah

1.  Latar

Latar adalah segala sesuatu yang melingkupi apa yang terdapat dalam cerita, mulai latar tempat, waktu, suasana, dan latar alat.

2.  Alur

Alur adalah suatu rangkain peristiwa yang terjalin secara kausalitas atau sebab akibat dari awal sampai akhir menuju klimaks cerita. Alur terbagi menjadi tiga, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

3.  Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah peran atau pelaku cerita. Tokoh terbagi menjadi dua. Tokoh bulat adalah tokoh yang digambarkan secara utuh oleh pengarang, biasanya dikategorikan sebagai tokoh utama. Tokoh pipih adalah tokoh yang digambarkan dari satu sisi saja, biasanya dikategorikan sebagai tokoh tambahan.

Penokohan adalah karakter atau watak tokoh dalam cerita, ada peran antagonis, protagonis, tertagonis, atapun melankolis.

4.  Sudut Pandang

Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam cerita. Sudut pandang terbagi atas:

1) orang pertama ditandai dengan kata ganti orang pertama yaitu, aku; dan

2) sudut pandang orang ketiga yang ditandai dengan kata ganti orang ketiga, yaitu dia.

5.  Tema

Tema adalah pokok pikiran pengarang yang menjadi dasar keseluruhan dalam cerita.

6.  Amanat

Amanat adalah pesan moral yang terkandung dalam cerita secara keseluruhan.

7.  Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara pengarang mengukapkan sebuah teks sastra, apakah teks tersebut penuh dengan ironi, sarkasame, atau eufimisme.

Nih gw kasih contoh ceritanya beserta dengan unsur intrinstiknyayang dapat lo donlot dibawah ni..

Cerpen gaul

About kangadit93
gw lahir di jakarta tahunnya ga perlu tahulah,masih muda kok gw..wkwkwk pokoknya.. KEEP MOVIN FORWARD!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: